Top Social

Bring world into Words

Kreatif di Arena Car Free Day Dago

Kamis, 05 Maret 2015

Kalau  ditanya  apa itu kreatif, kadang  saya  teringat  dengan teman SMP saya  yang jago bikin manga,  atau seorang teman SMA yang juaranya  bikin pembatas  buku yang lucu dan unik,  seorang teman jagonya fiksi, bahkan untuk status di sosmed, teman lainnya waktu SMA dulu yang selalu tampil nyentrik dengan potongan rambutnya  yang beda  tapi tetap  terlihat cantik dan sopan.

Sebenarnya,   imej kreatif bukan  cuma monopolinya mereka  yang punya bakat seni  saja, sih. Definisi kreatif  itu punya  makna luas,  bukan asal  beda  dari  yang lain atau nyeleneh. Kreatif itu bisa berarti  berpikirke luar kotak,  memanfaatkan potensi  yang dimilki,  mencari solusi  paling jitu  untuk menyelesaikan  masalah  atau  menjadi seorang trend setter,  bukan ikutan trend  tapi  bisa menciptakan followers dan enggak mati  gaya. 
Jago gambar  itu  cuma salah satu contoh  saja dari  jenis kreatif
 Serial tv atau film Mission Impossible,  serial tv  Mac Gyver, segudang ide cerita Dora Emon yang ditulis  Fujiko Fujio  atau mendiang  Steve Job yang identik dengan Applenya adalah contoh  mereka  yang  kreatif dan tidak pernah kekeringan  ide.  Film Mission Impossible berhasil direcycle  berkali-kali dalam  beberapa dasawarsa terakhir,   Mac Gyver menjadi  ikon detektif cerdik  yang tidak pernah menggunakan  senjata untuk menghadapi lawannya,  Dora Emon yang happening banget  atau  Steve Job dengan presentasi produknya  yang memukau,  jauh dari  kesan  sosialisasi  produk baru  yang diluncurkan perusahaannya.
 
Itu cuma sebagian kecil saja, sih. Masih  banyak contoh-contoh kreatifitas  lainnya.  Nah,  hari minggu kemarin, tepatnya tanggal 1 Maret saya  dan beberapa  teman Blogger Bandung  jalan-jalan lagi  ke  arena Car  Free Day  di kawasan Dago, Bandung.Sudah lama sebenarnya saya  ga jalan-jalan dan  menyaksikan  anak-anak  Bandung yang unjuk kreatifitas  yang memang tidak pernah ada  habisnya. 
Salah satu spot  yang menarik untuk dikunjungi adalah  pelataran parkir  Bank Muamalat, lokasinya tidak jauh dari pertigaan Rumah Sakit Boromeus dan  jalan Ganeca.  Ada teman-teman  dari Sygma Innovation yang menggelar  booth di sini dengan tema  #Kreatif.iSMI.    


Ada  yang lucu  pas saya mau nyoba foto booth  di sini. Secara saya pake sepatu teplek  alias flat, bikin saya harus  jinjit-jinjit ria  biar  wajah  saya  bisa pas di  frame yang tersedia. Kalau bawa dingklik rasanya  ga mungkin karena ribet, enaknya pake  sepatu  wedges  atau  alas  kaki bersol tebal.  Selain menyamarkan postur, juga  ga ngerepotin kalau pas ada spot seperti  ini. Lebih praktis, kan?  *yeeeeh, malah curhat ini mah, hahaha*  Sayangnya  sinyal provider  ponsel yang saya pake  mendadak  tenggelam di sini, jadinya  ga bisa  ngetwit  foto  atau kicauan lainnya, hiks... 
Jadi  apa kreatif itu?
Selain  menggelar  foto  booth berhadiah buku, stand ilustrasi  wajah secara gratis,   juga  ada unjuk  kreatifitas  perkusi  yang ditampilkan oleh anak-anak bersama  Rumah  Zakat.  Semua stand yang digelar oleh Sygma, terutama  atraksi  perkusi  yang  sukses menyedot  animo  pengunjung  CFD  untuk mampir  dan bertahan  sampai acara  usai.
unjuk aksi di pinggir  jalan
Ju..a...ra... eu...eu.... sambil  mukul2  ember dan tong plastik  tetep asik dan harmoni
Saya dan  beberapa teman lainnya sempat  mengajak ngobrol salah satu  kru  #KreatifISMI  yang berada di lokasi. Jadi nih,  spotnya Sygma Innovation  yang ada  di  CFD  bukan cuma  gaya-gayaan  atau  ikutan  trend saja. Acara  yang nantinya akan digelar  secara rutin sebulan sekali setiap  hari minggu di area CFD  ditujukan sebagai  cara untuk  mensosialisasikan   anak perusahaan dari  Sygma ini sebagai media partner  untuk mengemas produk  agar lebih menarik. 
Ada  layanan Advertising,  publishing  Service, Digital and Multimedia,  Event and Production House serta Reasearch yang ditawarkan  oleh  Sygma Innovation.   Para  pemillik perusahaan yang ingin membranding produknya akan dibantu Sygma  untuk merancang  konten produk atau jasa  yang menarik, sesuai dengan standar internasional  yang didukung oleh  sumber daya yang bukan saja kreatif tapi  juga punya profesionalisme  yang ditunjang dengan akhlak  yang  mulia untuk memuaskan klien. Yup,  kreatif bukan cuma asal  beda  atau  menampilkan baru juga, ya tapi  harus dibarengi dengan  karakter  yang  menjaga  image  perusahaan.
Beberapa  hasil  kreatifitas  yang sudah dihasilkan oleh tim  Sygma  Innovation antara  lain  seperti Al Qur’an Miracle The Reference  yang fenomenal dengan fitur-fiturnya  yang lengkap dan menarik, koleksi  buku anak  Seperti Muhammad Teladanku  yang  sudah diangkat dalam  kemasan Training yang menghibur,  beberapa riset  seperti Muslim Insight, Perilaku  & Life Style  Muslim Perkotaan, Profil Pembaca Buku Parenting dan Profil Pembaca Quran.
Untuk media  advertising pun, Sygma Innovation   dipercaya untuk merancang iklan Marketing  & Communication  Tools  “Indonesia  Berkurban”, iklan  Tebar Hewan Qurban Dompet Dhuafa  (2010-2011), Marketing  dan Communication  Tools  Baitul Maal  Pupuk Kujang  serta Marketing & Communication  Tools instansi pemerintah  BAPPEDA  provinsi Jawa Barat.
Sedangkan  untuk event & production  house, Sygma innovation sudah berpengalaman menangani  ajang-ajang bergengsi seperti  Funbike event Kemenpora  yang digelar di Jakarta, Pelatihan dan Pengadaan  Buku dan Pakaian Khusus  Dintek Jamkesda  Dinsosnakertrans dan pembuatan Film Dokumenters  Dinas  BPDAS  Cimanuk Citanduy.
Ada  juga beberapa animasi yang sudah dibuat  seperti  animasi untuk Muhammad Teladanku,  Wahana Belajar Anak Cerdas, Desa Pelangi  yang ditayangkan di Garuda  TV, kumpulan  video klip  “Asmaul Husna” dan sejumlah kreasi lainnya  untuk layanan Multimedia dan Digital Content. 
Kalau  dalam  event  pertamanya tim Sygma Innovation  menggelar  atraksi  yang  ditujukan untuk menghibur penonton, barangkali dalam  gelaran berikutnya  bisa  menambah stand  khusus  yang  memamerkan layanan  yang  bisa didapatkan  oleh  perusahaan 
Dari dulu anak-anak  Bandung memang dikenal dengan keramahan dan kreatifitasnya  yang tidak pernah habis, ya.  Sygma Innovation adalah salah satu dari contohnya.   
Sukses  terus  buat teman-teman timSygma Innovation, ya.

11 komentar on "Kreatif di Arena Car Free Day Dago"
  1. Acaranya benar-benar kreatfi Mba. Bagus nih di pertahanin sekalian untuk hiburan juga dan dijadikan ajang untuk bersilaturahim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul. Ada banyak pentas kreatif yang digelar di arena CFD :)

      Hapus
  2. nice review. nuhun atas kehadiran dan liputannya. siap acara selanjutnya? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIap. jangan kapok dan bosan ngundang saya, ya hehehe

      Hapus
  3. kreatif2 ya hehehe....seru acara car free daynya,di Siak g ada,jalannya aja sepi heheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adain, mak. Suruh walikota atau bupatinya ngadain hehehe

      Hapus
  4. acaranya luar biasa bu, kreatif banget, sukses selalu ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cuma pengunjung acara aja, bukan yang punya hajatan hehehe. Makasih :)

      Hapus
  5. hmm.. selalu yang pertama kurasa, keren t effi..

    BalasHapus
  6. Hihihi jadi pengen malu nih, Mi :)

    BalasHapus
  7. sy tertarik dgn kalimat ini :
    Kreatif itu bisa berarti berpikirke luar kotak, memanfaatkan potensi yang dimilki, mencari solusi paling jitu untuk menyelesaikan masalah atau menjadi seorang trend setter, bukan ikutan trend tapi bisa menciptakan followers dan enggak mati gaya.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.