Top Social

Bring world into Words

Review Al-Qur'an Hijaz The Practice Full Konten

Senin, 01 September 2014
Pertama kali mendengar Syaamil Quran saya langsung mengindentikkannya dengan  terjemah Al-Qur'an per kata, yang sampulnya warna coklat itu. Jadi Quran favoritnya ibu saya yang memang senang menghafal Al-Qur'an dan terjemah per katanya. Lalu kemudian, muncul lagi beberapa produk Syaamil Qur'an. Salah satunya adalah Hijaz The Practice, seperti yang saya punya. Eh sedikit cerita, Hijaz The Practice ini saya dapatkan gratis setelah mendapat undian nomor pengunjung dalam sebuah acara renungan akhir tahun yang rutin digelar di Pusat Dakwah Islam (Pusdai)  Jawa Barat. Senangnya :)
koleksi pribadi

Seperti pendahulunya, Al-Qur'an Miracle The Reference, Qur'an Hijaz The Practice ini bukan hanya tampil dengan terjemah umum dan terjemah perkatanya saja. Ada banyak konten yang  hadir didalamnya yang akan menambah referensi yang bisa dieksplorasi. 

Misalnya saja di dalam setiap halaman Al-Qur'an kita bisa membaca rujukan hadits, intisari tafsir, ulumul Qur'an asbabun nuzul, khazanah pengetahuan, pandual amal dan doa ma'tsur. Saya bantu jelasin, ya.

Intisari Tafsir
Intisari Tafsir ini membantu kita memahami kandungan dan maksud ayat yang sedang dibaca. Misalnya pada surah An-Naazi'aat. Kita bisa mengetahui tafsir dari surah ini saat Allah bersumpah dengan malaikat  yang mencabut nyawa orang-orang kafir dengan keras.  

Ulumul Qur'an
Masih  membahas surah An-Naazi'aat, diceritakan kisah yang terjadi saat surat ini turun. Tidak semua ayat-ayat dari surah ini turun bersamaan. Ayat 12 turun untuk menjawab reaksi  orang-orang kafir saat mendengar isi dari Surah An-Naaziaat ayat 10. 

Asbabun Nuzul
Dalam konten ini kita bisa mengetahui asal-usul cerita yang menjadi alasan sebuah ayat Qur'an turun. Tidak semua ayat dalam Al-Qur'an mempunyai asbabun nuzulnya. Misalnya saja untuk surah Al-Mauun. Surah ini turun sebagai berkenaan dengan  sikap kaum munafik yang memamerkan amalan salat mereka. Selain bersikap riya' dalam melaksanakan salat, mereka juga enggan untuk membayar zakat atau memberikan pinjaman.

Khazanah Pengetahuan
Di sini kita mendapat penjelasan beda antara orang yang munafik dengan orang yang riya'. Orang yang munafik menyembunyikan kekufuran dan kebencian dalam hatinya. Sedangkan orang yang riya' adalah mereka yang tidak ikhlas dalam beribadah dan mengharapkan pujian. Selain itu dibahas juga maksud kecelakaan yang diancamkan oleh Allah pada ayat selanjutnya.

Panduan Amal
Masih berhubungan dengan surat Al-Maa'uun dibahas tips agar kita bisa khusyuk dalam menjalankan ibadah salat.Selain memenuhi rukun,  mempersiapkan tempat yang baik, mengetahui ilmunya,  tenang,  memahami bacaan salat, membayangkan Allah ada di hadapan kita dan menjaga aagr niat tetap lurus.

Doa Ma'tsur

Agar khusyuk dalam salat, kita dianjurkan untuk membaca sebuah doa yang disisipkan dalam halaman ini. Arti dari bacaannya adalah sebagai berikut:
"Ya Allah, ya Tuanku, berikanlah ketakwaan kepada jiwaku, sucikanlah dia, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik Zat yang dapat menyucikannya. Engkaulah  yang menguasai dan menjaganya. Ya Allah, ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak berguna, hati yang tidak khusyuk, diri yang tidak pernah puas dan doa yang tidak terkabulkan." (HR Muslim No. 4899).

Di bagian akhir Qur'an Hijaz The Practice, selain  ada doa khatam Qur'an, daftar nama surah, panduan tajwid dimana dalam setiap ayat untuk bacaan tertentu diberi warna tertentu untuk memudahkan kita dalam membedakannya, juga terdapat  penjelasan tentang asmaul husna berikut doa-doa yang berhubungan dengan setiap nama.

Selain konten-konten itu kita juga akan mendapat panduan untuk mencari ayat-ayat Quran dengan kata kunci tertentu. Jadi bukan googling saja lho kita bisa menggunakan kata kunci. Untuk mencari ayat tentang  perdagangan dan pertanian misalnya, kita bisa mencari ayat-ayat yang berhubungan denganperdagangan seperti diperbolehkannya berdagang, aakd/perjanjian, jaminan hutang, pertanian berburu dan industri.

Masih ada  konten lain yang bisa kita baca di sini  seperti makna pencantuman basmalah dalam setiap awal surah (kecuali At'taubah) huruf-huruf Muqathaha'ah, atau huruf-uruf yang terputus dalam pembukaan beberapa surah,  klasifikasi surah dalam Al-Qur'an dan  Adab terhadap Al-Qur'an.

Dengan total halaman sebanyak 1255 halaman, dan dimensi 21x29,7 (ukuran A4), Hijaz The Practice ini enak dibaca karena ukuran hurufnyayang sedang dan halaman yang full color sehingga semakin menarik untuk dibaca.

Jadi, kalau Anda tertarik untuk menambah koleksi Al-Qur'an yang menghadirkan konten lengkap seperti Hijaz The Practice ini segera hunting ke toko buku terdekat atau bisa pesan di webnya Syaamil. Dengan harga Rp. 269.000, Hijaz The Practice ini tersedia dalam warna ungu dan hitam.  
4 komentar on "Review Al-Qur'an Hijaz The Practice Full Konten"
  1. subhaanallaah... yang ini lebih baru lagi ya, Teh? Terima kasih yaa, jadi tahu. Bangga deeh, dengan karya besar syaamil qur'an, membuat kita semakin dimanjakan dengan kemudahan untuk beribadah

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya teteh...., bila ada waktu berkunjung balik ya ^_^

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.