Top Social

Bring world into Words

Anak Cerdas: Aplikasi Aman dan Edukatif

Sabtu, 26 April 2014

Jaman saya kecil dulu yang namanya telepon itu termasuk barang mewah. Kesannya cuma orang yang berduit yang dirumahnya terpasang PSTN alias fixline. Malah saya sempet tuh ngalamin nganter ART nelpon pake telpon umum yang masih diputer kayak di film-film jadul macam film Warkop gitu. Hahaha... so freak oldies. Jadul banget, ya!

Setelah era telepon genggam yang ukurannya hampir menyaingi bata buat ganjelin pintu, telepon sekarang sudah lebih ringkas dari segi ukuran dengan fitur yang lengkap. Enggak kebayang deh, kalau aneka aplikasi seperti game atau penjelajah dunia maya bisa dibenamkan ke dalam benda mungil nan tipis seukuran ponsel ini. Apalagi anak-anak sekarang adalah peniru dan penyerap yang baik. Mereka cepat sekali mengadaptasi hal-hal baru yang dikenalnya. Termasuk menjelejah dunia maya.  Tampak keren meski bikin deg-degan. Pasalnya kalau tanpa pendampingan, salah-salah informasi yang salah atau belum waktunya bisa ditelan bulat bocah-bocah ini. Hiiiy, jangan sampai deh.


Seperti keponakan saya,  Azka. Bocah kenes nan cerewet ini doyan banget nguplekin lappy juga suka meminjam HP saya. Kalau dulu di laptop dia  doyan banget nonton serial Upin Ipin. Sampai hafal dialognya, Cuma itu tuh,  slide video lain yang numpang mejeng di sidebar bikin enggak tenang. Ok, saya kasih pinjem HP aja, deh. Karena enggak ada konten yang aneh yang terinstal. Satu hal yang saya pikirin nih, kira-kira ada ga sih, aplikasi games yang bisa bikin anak-anak produktif. Maksudnya bukan cuma sekadar have fun aja, tapi juga bisa ngeboost wawasannya dengan cara yang tetep asyik.

Olalala.... ternyata ACER concern banget buat hal ini. Alhamdulillah, saat ini ada aplikasi ACER alias Anak Cerdas. Aplikasi yang aman, dengan pengantar bahasa Indonesia.  Konten yang disajikan  sangat menarik dan menunjang dalam mengedukasi anak-anak berusia 6-12 tahun agar selalu fun dan update dalam belajar.  Semenarik apa sih aplikasi yang satu ini?? Yuk, kita bedah!

Kalau HP atau tablet anda mempunyai sistem operasi android, aplikasi ini bisa diinstal, mudah dan murah. Syaratnya tentu saja harus punya kuota internetan untuk mengunduhnya. Ini tampilan Aplikasi Anak Cerdas setelah berhasil saya unduh dan instal.

 Kalau sudah terinstal, tinggal klik dan kita akan dibawa pada menu berikut ini. 

Capture by Acer Liquid Z3

Berhubung Azka belum sekolah (iya, 5 tahun lebih dikit) jadi saya skip dulu untuk mengenalkan menu Latihan Yuk dan langsung bereksplorasi di menu Mari Bermain. Di menu ini,  ada tiga pilihan yang bisa kita buka, Edukasi, Permainan dan Buku Cerita. Kecuali Buku cerita yang menyediakan 26 bacaan yang asyik dan gratis, dua menu lainnya, Edukasi dan Permainan masing-masing menyediakan 40 aplikasi yang bisa diunduh. Untuk beberapa aplikasi  kita bisa memainkannya secara offline, alias gratis tanpa harus takut bakal menyedot kuota internetan. 
Capture by Acer Liquid Z3

Beberapa aplikasi yang saya instal di HP antara lain Kumpulan Cerita, Dongeng, My Piano Asistant, Origami Instruction, Rambu Lalu Lintas dan Sahabat Nabi. Bukan hanya tampilan visual berupa gambar atau tulisan, beberapa aplikasi yang ditawarkan juga dilengkapi dengan fitur audio dan video. Misalnya: My Piano Asistant, Marbel (Mari Belajar) Mengaji, dan Panduan Wudhu Lengkap. Diantara sekian aplikasi yang saya instalkan, Origami Instruction adalah yang paling diminati Azka.  Berisi 35 aneka origami lengkap dengan step-step melipat sampai jadi sebuah karya yang ciamik. Karena belum bisa membaca, untuk memahami intruksi di sini, Azka harus didampingi.  Secara pribadi saya pikir akan lebih baik kalau aplikasi ini dilengkapi dengan fitur bahasa. So, anak-anak bisa memahami petunjuk yang diberikan saat membuka aplikasi ini sendirian.

Capture by Acer Liquid Z3

Beralih ke menu Latihan,  saya iseng mencoba dan membuka menunya. Kita disediakan sampai 3 profil anak di menu ini. Ada 4 mata pelajaran, yakni Matematika,  Sains, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang tersedia untuk murid kelas 1 sampai dengan  6, dengan sistem level, siswa diminta untuk menyelesaikan 20 soal setiap levelnya. Meskipun disediakan kunci jawaban, cuma ortu lho yang punya akses ke sana. Kecuali kita tidak membocorkan  password, anak-anak juga akan belajar untuk bersikap sportif, pede sama kemampuan sendiri tanpa harus curi-curi pandang alias nyontek jawaban. Satu lagi cara mengajarkan anak-anak  untuk jujur (hei, jangan-jangan para koruptor itu waktu sekolahnya mungkin pernah nyontek, ya).  Jika anak-anak sudah yakin dengan jawaban, tinggal ketuk opsi kumpulkan  dan dalam waktu singkat aplikasi akan mengolah dan menyajikan skor yang diperoleh anak. Kalau belum memenuhi skor minimal (16), anak-anak bisa mencoba lagi dengan mengulangnya. 

Capture by Acer Liquid Z3


Capture by Acer Liquid Z3

Capture by Acer Liquid Z3


Credit: ACER


Selain pengaman kunci jawaban, kita juga bisa memantau laporan penggunaan yang bisa diakses dari gadgetnya langsung atau via email. Selain itu, statistik perkembangan anak dalam menjawab soal-soal juga disajikan disini. Pokoknya, komplit banget. 
 
Credit: ACER

Kalau Menu Dunia Anak menyajikan pilihan bermain dan latihan soal, Dunia Tekno punya seabreg artikel yang bisa disimak anak-anak dengan redaksi yang ringan, singkat dan berisi yang bisa disimak oleh dewasa maupun anak-anak.
 
Capture by Acer Liquid Z3

Capture by Acer Liquid Z3

Kesimpulannya aplikasi ini sangat worthed untuk kita, aman dan mencerdaskan anak-anak. Saya kasih skor 4 dari skala 5. 

Terakhir, saya pengen ngutip sebuah hadits dari Rasulullah saw yang intinya mengingatkan kita agar khawatir meninggalkan generasi yang akan datang dalam keadaan lemah. Lemah di sini maksudnya lemah dalam soal penguasaan teknologi.  Masifnya pengaruh negatif dari internet bukan berarti membuat kita menutup akses anak-anak untuk mendapatkan informasi. Fasilitas dan pendampingan yang prima akan membuat anak-anak melek teknologi namun tidak membuat kita parno. Kita enggak akan pernah tahu  secanggih apa teknologi yang akan hadir. Jangan sampai 10-20 yang akan datang Indonesia jadi kalah bersaing baik soal aplikasi maupun inovasi dunia informatika. Setuju, kan?

Nah, tunggu apalagi? Ayo buruan instal di gadget anda.

Postingan  blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak  Cerdas kerjasama Kumpulan Emak Bloger dan Acer Indonesia
13 komentar on "Anak Cerdas: Aplikasi Aman dan Edukatif"
  1. Balasan
    1. Makasih mak, dirimu juga ikutan, kan? ^_^ sukses buat kita semua, semoga kita semua menang, ya hehehe

      Hapus
  2. mata pelajarannya banyak ya, mbak. aplikasinya asyik, cocok nih buat belajar anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih , eh itu mah yag di-UN kan semua, ya? hehehe...

      Hapus
  3. Azka meni serius gitu yaaa, hehe sukses teteh yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal waktu difoto dia ngambek, uah ah jangan moto Azka terus cenah hehehe. Sukses juga buat Tian, ya

      Hapus
  4. Keren banget aplikasi anak cerdas ini ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren, komplit, murah meriah pula, mak. :D

      Hapus
  5. Sudah saatnya orangtua mengarahkan anak2 melek gadget dengan tingkat edukasi yang handal seperti aplikasi aman dan edukatif di atas.

    BalasHapus
  6. Bagus sekali aplikasinya bund.. Bahasa artikelnya enak dibaca dan mudah dipahami. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  7. Makasih infonya mbak, adik saya pasti suka aplikasi ini.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.