Top Social

Bring world into Words

Mengenal Kampung Fiksi

Sabtu, 08 Februari 2014


Apa itu Kampung Fiksi? Kampung Imajiner, atau kampung yang nama penghuninya fiktif?
Oh bukan. Meskipun namanya fiksi, tetapi dia benar-benar eksis. Kalau anda penggiat kata, penggemar kisah manis, cerita sedih, dongeng khayalan atau kegetiran yang suram, maka anda akan jatuh cinta dibuatnya. Komunitas ini memfasilitasi siapa saja yang kepengin mengelaborasi minatnya untuk tulisan fiksi dengan sentuhan manis agar jadi tulisan yang menarik. 

Makanya, Kampung Fiksi yang hadir sejak 1 Februari 2011  dan punya situs di kampungfiksi.com ini memberikan layanan penulisan atau untuk penulis.  Beberapa  jasa yang ditawarkan misalnya nih, Copy editing untuk mengoreksi typos, kalimat, dan diksi biar asyik dibaca. Kalau anda pengin menggali ide-ide anda,  belajar menulis secara online buat yang lokasinya kejauhan sampai mengurus ISBN, serahkan saja pada mereka. 

Itu saja? Apa lagi?


Selain layanan yang berbayar, anda masih bisa mendapatkan layanan yang gratis dengan menyimak posting-posting seputar dunia penulisan.  Digawangi oleh para admin: Ajen Angelina, Deasy Maria, Hadi Samsul, Meliana Indie, Miss G, Nastiti Denny, Ria Tumimomor dan Winda Krisnadefa anda bisa menyimak artikel tentang tips menulis, berbagi cerita atau ini nih yang asyik, Remake/Rewrite. Sederhananya, kita bisa mengirimkan halaman awal dari novel yang sedang kita garap untuk diceritakan ulang oleh teman-teman yang lainnya dengan sudut pandang yang berbeda. Asiknya dengan program ini, kita bisa menemukan ide-ide baru lewat sharing dari teman-teman lainnya.  Banyak kepala tentu punya persespi berbeda untuk satu objek yang sama. 

Ada juga program Book Traveling Campaign. Namanya juga traveling,  jadi lewat program ini, kita bisa brainstorming buku yang sama dengan teman-teman lainnya. Caranya adalah dengan mengirimkan satu buku secara berantai.  Selesai di pembaca ke-10, buku dikembalikan kepada pemiliknya. Bukan cuma buku favorit, buku atau novel karya kita bisa diikutkan dalam program ini. Setiap yangsudah membaca buku dalam program ini akan menuliskan catatannya tentang buku itu pada pocket yang sudah disediakan di halaman terakhir buku. Asyik, kan?

Lalu ada tantangan buat siapa saja yang kepengin bisa nulis novel selama sebulan dengan jumlah kata minimal 50.000. Dengan semakin mudahnya akses informasi, enggak heran minat orang-orang untuk bisa menerbitkan buku solonya semakin antusias. Ah, hari gini, siapa sih yang tidak senang bisa menulis dan menerbitkan buku? 

Last but not least, eksistensinya juga sudah punya pengakuan. Pada tahun 2012, memperoleh penghargaan dari Internet Sehat Blog Award. Dengan konten-kontennya yang positif,  sukses menginspirasi banyak orang untuk berbagi tulisan yang positif dalam dunia literasi.

Nah, anda yang punya minat tinggi sama dunia literasi  dari genre apapun, fiksi anak, fiksi fantasi,  atau fiksi dewasa, komunitas ini adalah komunitas yang asik untuk saling berbagi.   Kegiatan online maupun offlinenya sudah banyak membukakan akses untuk para writter wanna be melenggang di jalur sukses. Asal konsisten dan berada di komunitas yang tepat, dengan frekuensi yang sama, anda juga bisa jadi penulis yang mempunyai karya yang renyah dan laris di pasaran.  Silahkan kunjungi fans pagenya di https://www.facebook.com/KampungFiksiPag atau blognya di http://www.kampungfiksi.com.

http://www.kampungfiksi.com/

"Ikut memeriahkan ultah Kampung Fiksi yang ke-3 bersama Smartfren, Mizan, Bentang Pustaka, Stiletto Book dan Loveable." 
9 komentar on "Mengenal Kampung Fiksi"
  1. Hebatnya itu .. bisa dapat Internet Sehat Blog Award ya mbak Efi. Sukses GAnya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal baru 3 tahun, ya, mbak Niar. Lebih tuaan blog punyaku hehe

      Hapus
  2. Kampung fiksi memang keren ya, Mak Efi, tempatnya belajar gratis dengan para guru yang handal dan dinamis. :)
    Sukses yaaa!

    BalasHapus
  3. Postingan yang bagus, sob.
    Mampir sini juga donk http://pujaputri.blogspot.com/2014/02/mari-mengenal-kampung-fiksi-lebih-dekat.html makasih :)

    BalasHapus
  4. semoga sukses ikutan GAnya :)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.