Top Social

Bring world into Words

Clown Fish, Hermaprodit yang Lucu

Jumat, 03 Januari 2014
Sebenernya saya kepengin posting cerita lanjutan BN 2013 kemarin, tapi beberapa foto yang tersimpan di memori hp dan  mau saya lampirkan ternyata eror. Hiksss, entah bisa dibenerin atau tidak. Saya sudah coba cari software buat memperbaikinya. Kalau dari tampilan explorer dengan mode thumbnail sih keliatan, tapi pas diklik... huaaaa, ga bisa dibuka. *nangis doak-doakan*

Ya sudahlah, sambil berusaha mengembalikan lagi file foto-foto  itu tadi, saya mau cerita yang lain aja.Tiba-tiba aja pengen cerita Clown Fish alias ikan badut.

wallpicshd.com


Tau, dong  mahluk satu ini., Yup. Finding Nemo ini sempat booming dan banyak yang suka, termasuk saya. Film ini bercerita tentang perjalanan Nemo mencari orang tuanya. Nemo, nekat menjelajah lautan demi menemukan orang tuanya itu meskipun banyak bahaya yan siap menghadangnya.

Nemo  adalah karakter yang diadaptasi dari ikan jenis ikan badut atau clown fish dari spesies Percula. Ada 28 spesies ikan badut yang  ternyata termasuk kategori semi hermaprodit lho. Tadinya saya pikir, cuma cacing yang bahasa latinnya adalah Lumbriscus Terestis atau kalau di Indonesia nama latinnya adalah Pheretrima Darlelensis.

Tapi tidak seperti cacing  ikan badut ini tidak punya dua jenis kelamin seperti halnya  cacing. Dalam situasi tertentu, mereka ini bisa bertransformasi, dari jantan menjadi betina. Hmmm, untung ikan, ya. Bukan manusia. Syerem deh :)

Hewan yang cara pembuahannya menganut  external fertilization atau pembuahan di luar ini awalnya adalah ikan badut dengan jenis kelamin jantan. barulah setelah mereka dewasa, mereka bertransformasi jadi betina. Biasanya yang menjadi ikan betina itu adalah  mereka yang punya ukuran tubuh paling besar.  By the way, ikan badut ini adalah penganut monogami sampai salah satunya mati. Kalau misal si betina ini  mati atau terjaring nelayan, maka yang jantan ini akan bertransformasi jadi betina. Nah, itu artinya ikan betina pas kawin, pasangannya yang jantan lebih mudaan.
 a-z-animals.com
Ikan badut ini hidup secara berkelompok alias berkoloni.  Meski namanya badut, sebenrnya mereka adalah ikan yang sangat agresif dan setia dengan koloninya. Makanya mereka ga pernah jauh-jauh dari anemon yan jadi habitatnya. Biasanya mereka ini bisa ditemukan di perairan samudra Hindia, Laut Merah, Perairan Timur Laut Australia, Pasifik Barat, Jepang dan kawasan Indo-Malaysia.

Dan memang selalu begitu.
Jadi inget pola perkawinan lebah, ya. Bedanya kalau lebah jantan akan tewas alias mati setelah kawin, ikan badut ini akan bertahan hidup dan malah jadi the nanny, menunggu telur-telurnya yang berjumlah ratusan atau bisa sampai seribuan itu menetas.

Dimana telur itu disimpan?
Ini yang menarik, telur-teur itu akan disimpan ga jauh-jauh dari anemon sebagai habitatnya. Yang menarik dari anemon ini adalah  jenis hewan laut - yang sekilas mirip tumbuhan - pemangsa ikan. Penampakannya  itu sering mengecoh kita dengan menyangkanya sebagai tumbuhan. Dengan tentakelnya yang beracun itu Anemon bisa mendapatkan mangsanya. Lalu gimana bisa, si Badut ini bisa mesra  gitu sama Anemon?
id.wikipedia.org

Sebelum menjadikan anemon sebagai habitatnya, ikan badut ini akan melakukan semacam tarian yang funky untuk menghindari sengatan dari tentakel anemon. Setelah si Anemon mendapatkan mangsanya, barulah ikan badut ini akan menjadikan Anemon sebagai inangnya. Selain sebagai inang, sisa-sisa makanan yang tidak habis akan dibersihkannya. Tubuh ikan badut juga dilindungi semacam lendir yang membuatnya aman dari sengatan Anemon. Malah dengan tentakel berbisanya, Anemon jadi pelindung Ikan Badut ini dari kejaran predator. Warna tubuhnya yang menarik memang membuat ikan ini sulit menyamarkan dirinya.

Fakta yang unik dari film finding Nemo ini malah membuat permintaan untuk memiara Clown Fish menjadi meningkat. Padahal, seperti yang kita saksikan di filmnya, selain mencari oang tuanya. Nemo berusaha menyelematkan diri dari tangkapan gadis kecil yang menyanderanya dalam sebuah aquarium.

sumber:
a-z-animals.com/animals/clown-fish/
animals.nationalgeographic.com/animals/fish/clown-anemonefish/ 
www.kidzworld.com/article/3695-facts-about-the-clown-fish
 www.buzzle.com/articles/clown-fish-facts.html
6 komentar on "Clown Fish, Hermaprodit yang Lucu"
  1. Saya juga suka film finding Nemo, sudah beberapa kali saya nonton film itu :)

    BalasHapus
  2. Waktu snorkeling di pulau lembongan sempet liat ada ikan badut, jangan-jangan itu si nemo lagi kesasar lagi ya, hehe *lebay*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya asik ya bisa snorkeling. Saya mah renang aja payah T_T

      Hapus
  3. Pengen lihat ikan badut segede paus, masih selucu itu nggak ya?


    Ditunggu komentarnya di:
    http://www.bennyrhamdani.com/2014/01/cheria-tour-travel-biro-perjalanan-haji.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga lucu lagi, kang. Yang ada jadi parno :) Sudah ninggalin jejak di sana. kalau menang traktiran ya :D

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.