Top Social

Bring world into Words

Cara Gampang Pasang Kolom Komentar FB di Blogspot

Sabtu, 07 Desember 2013


Beberapa hari yang lalu, saya dapat inbox dari seorang teman, Ulu. DI inbox Ulu cerita begini : "Teh, aku pengin komen di blognya tapi lappykku aneh, ga bersahabat sama blogspot. " 
Hihihi, pengin sih dikomenin blognya. siapa yg ga mau, coba? (Ya asal bukan spam atau ngajak ribut ya). 
Apa daya, tangan tak sampai fitur tak mendukung. 
Saya kira blogspot itu platform yang paling friendly, gampang dikomenin  (bukan bola) . Kira-kira kenapa, ya? Entahlah.
Saya sendiri berusaha menjadi blogger yang baik hati, suka menolong dan tidak sombong dengan tidak menampilkan fitur captcha. Resikonya sih memang bakal ada yang iseng kasih spam atau komen geje yang bikin kuku saya gatel pengen garuk-garukin keyboard, seperti pas saya ikutan event Peduli Kata Kunci kemarin-kemarin ini. Hadeuh, saya buru-buru hapus. Lha, ini blog mas bro, mba sis, bukan TPA!

Untuk beberapa akun blog yang di-BW-in, ternyata saya juga mengalami beberapa kesulitan. Oke lah kalau aturan captcha itu dengan bersabar hati saya jabanin prosedurnya. Kadang meski sudah pake kaca mata, micing-micingin mata ala-ala Lucky Luke (Hayooo, kenal, ga?) saya masih gagal ngerti (mulai deh curcol). Dengan kecurigaan saya ini robot (Please deh, saya bukan cyborg atau mahluk mutan lainnya ala-ala film Hollywood sono), saya kudu masukin kode yang tertera. Satu-dua ada yang mudah saya kenali (ga pake salaman) ada yang perlu beberapa kali saya colek-colekin dulu  recaptchanya,  biar dikasih kode lain. Fiuuh, akhirnya dapet juga.

Buat Wordpress sendiri akhirnya berhasil punya kata sandi biar bisa kasih komen. Kaau saya beruntung ada juga akun Word Press yang ga minta sandi, strike to the point, langsung kasih komen dan publish!.  Dulu sih,  saya suka lupa kodenya, meski  ga punya kapling di komplek Word Press Indah, saya yang bisa kambuh  naluri  pengen kasih komen gitu, akhirnya berhasil menghafal sandi tiap pengin kasih komen di Wordpress. Hurrraaay.... *loncat-loncat ala Dora*

Nah, beberapa waktu lalu saya sempet nemu akun blog yang masang fasilitas komentar facebook. Hari gini, siapa, sih, yang ga punya akun FB? ada sih, ya, yang emang ga punya. Ortu saya contonhnya. Hehehe, apaan sih? Ga penting banget, ya.  Kayaknya asik kan kalau pas kepengin komen gitu dan menemukan kesulitan ada opsi lain. Rasanya kayak dikasih tau akses pintu darurat pas pintu utama gedung tiba-tiba macet (lebay). Maka saya mencoba melempar batu sembunyi tangan mencari tau dengan konsul sama Om Gugel. 

Ealah, ada beberapa tutorial yang bikin saya pusing. Hampir semuanya mengarahkan saya untuk membuka aplikasi facebook, klik ini, klik itu lalu dikasih dua kode untuk disimpan di dua tempat berbeda. Pas giliran mau masukin ke edit HTML blog, saya kebingungan untuk mencari kode yang disebut. Laaah, skip. Ganti.Coba buka tutorial lain, setali tiga uang. Sama saja, sama rasa, pusing.Skip. Ganti.

 Ga mau nyerah dong, akhirnya saya nemu cara yang instan! Aiiih, mie kali ah, instan. Nah, berhubung saya ini gaptek, saya ga tau cara ini bekerja atau tidak untuk platform lain. Kalau untuk platform blogspot saya sudah coba, gampang, ga ribet. Di tutorial yang saya baca, diminta (wajib, ga, sih?) untuk centang expand wdiget. Saya sih ga nyentangin, soalnya saya pernahh nyentang, buat aktifin fungsi reply komen eh tampilan blog saya malah jadi berantakan. Ampun deh. So, saya ga centangin dan ga masalah tuh.
    Cari kode berikut ini : 





    Biar gampang dan cepat pencarian tekan tombol Ctrl + F
    Dapet,kan? Nah, kalau sudah ketemu, masukan kode berikut diatas kode tadi



    Voilaaa, sekarang kolom komenya muncul seperti tampilan yang ada di bawah posting ini.


    PS : 

    • untuk num_posts='2', angka dua bisa diganti jadi 10, 20 sesuai dengan  keinginan pengin berapa banyak komentar yang muncul di kolom ini.
    • Sssst... untuk kodenya maaf ya ga bisa dicopas, karena kalau saya ketik tampilannya jadi eror. Jadi bisa disalin manual aja  ya.


    12 komentar on "Cara Gampang Pasang Kolom Komentar FB di Blogspot"
    1. Wohohoo, keren2...tutorialnya bermanfaat banget nih Mak ^^

      BalasHapus
    2. @Helda
      Wah, membantu, ya? asiiik. semoga berhasil, ya x-)

      BalasHapus
    3. wah, udah masuk ke tutorial ni si mbak :p
      tp keknya ukuran lebar kotak komentar fb mbak perlu di perbaikin.. :D

      BalasHapus
    4. @Johanes Gultom
      Sudah saya benerin,sekarang udah lebar :)

      BalasHapus
    5. Waaaaaahhhhh... matanbs tipsnya.. makasih teh ilmunya.. :))

      *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
      Keluyuran | Makan | Jalan-Jalan

      BalasHapus
    6. @Efi Fitriyyah awkwakwak masih kurang sedikit lg kyknya mbak. sekitar 5 atau 10 lg. awkwakwa
      btw good job (Y)

      BalasHapus
    7. @Johanes Gultom
      Hahaha,, nanti saya benerin lagi deh. Makasih masukannya

      BalasHapus
    8. yaap.. kolom komentar yang banyak syarat itu membuat saya malah pingin klik tanda kali (close) hihi >_<

      BalasHapus
    9. @Gulunganpita
      Heeh. Tapi buat WP udah bisa berkomen2 ria :D

      BalasHapus
    10. Ikut komentar mbak Efi, punya saya malah kolom komentarnya hilang, mungkin mba Efi tau ada di mana? :)

      BalasHapus
    11. @Cara Membuat Pasang Iklan di Facebook
      Maksudnya komen Fb? Mungkin hilang, coba cek setingan HTMLnya

      BalasHapus

    Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.