Top Social

Bring world into Words

Kenapa Pake Helm?

Rabu, 13 November 2013
Coba tanya diri sendiri deh, apa tujuan kita pakai helm?
Buat keamanan? Menghindari kecelakaan?
Iya siiih, itu emang bener. Tapi selain dari keselamatan jiwa dan raga, ada motif lain kenapa kita pake helm.
Keselamatan cash flow. hehehe... betul, ga?


Saya jadi inget setaun lalu pas English class, guru saya melempar pertanyaan. Ceritanya kita diminta membuat satu kalimat spontan, saya lupa lagi temanya apa waktu itu. Yang saya inget, waktu itu saya bilang gini:

Instead covering our head, we'd rather  use helmet to avoid polices operation on the street


Hayooo, bener, ga? Kalau ga setuju saya kitikin nih pake kemoceng.
Faktanya nih, termasuk saya kalau pergi yang jaraknya deket-deket aja, sekitaran komplek misalnya. Kalau waktu itu  saya lagi (mostly) males jalan kaki, saya dianter dibonceng motor tuh, dan males  pake helm. "Deket ini, kok." gitu alesannya.

Emang sih, mana ada polisi yang iseng bikin operasi razia di depan gang? Kecuali gangnya itu ada di pingir jalan rame dan besar. Resiko itu mah.

Padahalnya (lagi) fungsi helm emang buat melindungi kepala kita, kan? Bukan buat menghindari polisi hehehe. 

Beberapa hari yang lalu, dalam perjalanan pulang ke rumah, di kawasaan terusan Batu Nunggal, saya yang lagi dibonceng kakak saya terjebak macet. Arus kendaraan dari dua arah lagi padat merayap. Ya gitu deh, lagi pas jam-jamnya bubaran kantor.  Nah pas macet itu,  seorang perwira muda dalam mobil yang dikemudikannya, dari arah berlawanan saya,  terpana ngeliat saya. Naksir? Bukaaaaan. Dia terpana melihat saya karena satu hal. Tibat-tiba saja otak saya terasa lola, loading lama. Kenapa? Eh baru nyadar, mestinya untuk jarak jauh gitu saya pake helm, tapi karena helnya basah kehujanan (gara-gara ga bener nyimpen) saya ogah pake. 

Jadi yang ada di benak tuh perwira muda bukan terpana liat tampang saya, tapi salut dengan kenekatan saya ga pake helm! wkwkwkwk..... (Kalo perwiranya guanteng kayak Maher Zain saya sih bakalan geer tuh.. eh tetep ya, bahas Maher Zain wae).

Gimana dong? Saya ga mungkin mendadak minta kakak saya mengangsurkan helm buat saya. Makin keliatan aja saya ngerasa bersalahnya. Lagipula kanan kiri saya ada juga yang ga pake helm. Suasana lagi macet gitu, ga mungkin juga ya, tuh polisi mau berhenti terus keluar dari mobilnya cuma sekedar nilang saya dan pengguna jalan lainnya. Konser klakson bakal digelar serentak mendadak sore itu kayaknya.

Balik lagi ke diskusi sebelumnya tempo hari (emang proklamasi?), diskusi di kelas jadi sedikit hangat (padahal ga ada kompor) dengan topik itu. Iya, jadi sebenernya kita pake helm buat keselamatan sendiri, standar baku di jalan atau menghindari tilangnya polisi, ya?

Ya balikin aja sama sendiri, ya. Keselamatan itu perlu, kok. Selain soal keselamatan diri, nyelamatin dompet juga dan eh nyelamatin polisi yang mau nilang juga.

Kok, nyelamatin polisi? Kalau kita ga ada pelanggaran,  terus dia jadi ga dapet duit tilang, dong? 
Nah, itu dia. Kita bantu nyelamatin polisi dari makan uang yang bukan haknya. Bukannya kalau ditilang duitnya itu harus masuk kas negara, ya? Kadang kita emang ga mau ribet dan milih jalan damai. Jalan damai yang sebenarnya ga mendamaikan hati. Bete, duit kita melayang begitu saja,  ga jelas buat apa juntrungannya. 

Hmmm, semoga ga semua polisi yang nilang ga begitu. Semoga masih ada polisi yang lebih suka kasih surat tilang dan nyuruh pelanggarnya bayar denda lewat rekening yang ditunjuk.

Nah, kalo kostum saban harinya ala-ala Kamen Rider, aman dong, ya? Ga kan kena tilang polisi. Hehehehe....



7 komentar on "Kenapa Pake Helm?"
  1. samaan ne mak,,,, kalo deket males banget pake helm....saya suka pusing pake helm, berat mak...

    BalasHapus
  2. Haha... nyelamatin duit? Bener banget nih. Biasanya hal pertama yang terlintas di benak saya saat ada yang pengen ikut naik motor saya adalah "harus pake helm", karena khawatir kalo kena tilang. *nepok jidat :D

    BalasHapus
  3. saya suka mak pake helm kalo pergi2 naik motor... berasa aman aja, terutama memang aman dari polisi.. hehehehe

    BalasHapus
  4. @enci sasikirani
    Hihihi, iya. perasaan belum pernah pake helm yang pas dan enakeun :)

    BalasHapus
  5. @kakaakin
    Nah itu dia, polisi tampak lebih horor jadinya, ya? #eeh

    BalasHapus
  6. @Riski Fitriasari
    Iyaaa, kalau jauh juga sama selalu pake hehehe.

    BalasHapus
  7. kalau aku, teh...pakai helm awalnya karena dulu sekali bapak wanti-wanti "kalau naik motor harus pakai helm, sudah peraturannya begitu ya diikuti."

    jadi, kalau naik motor, ya pakai helm hihi...

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.