Top Social

Bring world into Words

Cerita ABG 90an, Jamannya Super Hero, Dorama Sampai Gaya Rambut

Rabu, 06 November 2013
Lagi cari Cerita ABG yang seru? Anak Baru Gede? Ya, tapi bisa juga artinya Anak Buah Gorgom.
Hahaha... ada yang inget dengan Gorgom? Yup, itu karakter penjahat di seri Ksatria Baja Hitam dengan lakon utamanya Kotaro Minami sebagai Ksatria Baja Hitam.
Tetsou Kurata alias Kotaro Minami

Jaman saya SMP kelas 3 sampai kelas  2 SMA-an, serial tv di Indonesia banyak diserbu serial super hero dan dorama dari jepang dan film-film silat mandarin. Beberapa di antara mereka punya kesamaan dengan potongan rambutnya poni lempar.  


Coba inget-inget senyum charmingnya Tetsuo Kurata, Fuji Fumiya yang nyanyi OST True Lovenya yang legendaris atau Andy Lau yang tampang charmingnya itu sukses membuat teman saya menjerit histeris saat pelajaran sejarah berlangsung. Hah, kok bisa? Hahaha iya, jadi ceritanya majalah remaja yang suka bersirkulasi (dipinjam gitu) di kelas terbuka sampulnya dan menampilkan poster anyar beliau. Ada juga Tommy Page dan poni khasnya Hilman Hariwijaya embahnya Lupus yang fenomenal itu. Ngomongin soal Lupus, karakter almarhum Ryan Hidayat lebih kuat dengan rambut nangung sebahunya itu, ya. Kalau versi sinetronnya,kurang deh.

Kalau diaplikasiin sama ABG-ABG cewek, alias girly gayanya almarhumah Nike Ardila mungkin mewakili,, tuh.  Selain serial dan film-filmnya yang sukses, gaya mereka juga sukses jadi trend dan ditiru teman-teman saya. As ussual, setiap trend yang booming dengan penirunya selalu melahirkan para kormod alias korban mode. hahaha... Ada yang inget dengan istilah ini?


Well, meski waktu itu banyak yang tergila-gila dengan koleksi robot-robotan dan kostumnya, cerita ABG jaman saya masih unyu-unyu dulu, sekarang juga masih sih :) *plak* enggak sampai anak-anaknya asyik ngendon di rumah seperti sekarang.

Selain serial TV yang banyak dipenuhi superhero yang doyan bertransformasi jadi robot, masih ada dolanan yang saya jabanin sampai saya SMU kelas 1 dulu. Kelas 2 karena saya masuk sore, jadi nggak bisa berdolan ria lagi. Lalu pas  kelas 3 SMU, saya sibuk dijejali dengan les intensif demi menyukseskan ikutan umpet-umpetan (maksudnya UMPTN).

Akhirnya pas saya kuliah, saya nyadar diri, udah bukan ABG lagi. Udah bukan waktunya lagi buat dolan-dolanan di komplek sambil maen sondlah, gala jidar, riribonan, ucing jibeh alias ucing hiji ucing kabeh (satu korban yang kena jadi kucing jadi ikut-ikutan ngejar teman lainnya yang belum jadi kucing. Kurang lebih mirip plot film-film cyborg ala Jepang yang rame-rame cari korban buat jadi mutan).

cerita ABG saya sama cerita ABG sekarang emang udah jauh beda. Jamannya teknologi yang canggih dengan aneka gadget kerennya. Tapi saya ga pernah ngerti dengan acara TV buat ABG sekarang. Coba deh simak cerita ABG di televisi sekarang enggak banget. Anak SD-SMP udah tau pacaran, udah maen bully-bully-an dan mereka terkesan dikarbit, dewasa sebelum waktunya. *sigh*

Eh omong-omong soal cerita ABG jaman dulu, waktu saya SD sekitar tahun 86-87an gitu ada super hero Zabogar, robot yang bisa berubah jadi motor. Robot yang bisa melata di dinding gedung tinggi lalu ketemu musuhnya di atap dan bertempur (sebenarnya lebih pantes disebut berkelahi). Itu ga takut apa, ya? Partikel atau material yang terpercik kayak pijar kembang api bakal terlempar ke bawah dan membahayan penduduknya, ya?

Eh selain Zabogar dan Ksatria Baja Hitm, dulu juga ada tokoh super hero dari Jepang seperti Voltus, Gogle, Gaban, Ultraman dan Megaloman yang gaya rambutnya itu difitnah dengan kejinya  sebagai model rambut. Siapa coba yang mau niru model gituan yang enggak banget? Padahal, kreator Megaloman juga, saya yakin nih, ga kepikiran buat menjadikan model rambut ala singa jadi trend. Siapa coba seleb terkenal yang berani memopulerkan gaya itu? Enggak ada, kan?

Hayoo, ngaca abis bangun tidur, rambutnya kayak gini, ga?


Eh, lihat Megaloman, jagan-jangan kreatornya itu sempat ngefans sama band aneh jaman dulu, Marilyn  Manson, tea. Cuma yang ini garis merahnya lebay banget, sampe ke ujung pipi. *kepikiran ya, buat dibahas?* 

Soal cerita ABG sekarang Mungkin harus dipikirin lagi format cerita ABG untuk jaman sekarang.  Saya harap KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) dan Komisi Pelindung Anak *baru nyadar mereka kayaknya adik kakak, ya? KPI dan KPA gitu* konsisten memonitor acara tv sekarang, Bukan saja geje alias ga jelas yang bikin ilfeel tapi juga mempengaruhi anak-anak jadi hedonis dan serba permisif dalam pergaulan.

cerita ABG jaman saya emang seru, ever green banget. Terlalu maniiiis, untuk dilupakan... *keluar backsound lagunya Slank* Jadi kangan masa kecil saya. Kemana masa kecilku.  
Biar saya udah usia kepala 3 saya masih merasa ABG, kok. Apa itu? Asa Beuki Geulis hahahaha..... *kabuuuurrrr*

"Artikel ini turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger"

Yuuk  kita rame-ramein lelepin keyword negatif  Cerita ABG dengan posting yang positif. Mari kita kudeta bareng-bareng ranking keyoword Cerita ABG di halaman pertama hasil pencarian Mbah Google. Baca dan ikuti ketentuannya di http://www.warungblogger.org/2013/11/gerakan-pkk-cerita-abg.html

Merdeka!

30 komentar on "Cerita ABG 90an, Jamannya Super Hero, Dorama Sampai Gaya Rambut"
  1. ABG (Andai Bisa Ganteng) kaya kotaro minami, aku pasti jadi satria baja hitamnya :D
    sukses dengan kontesnya (h)

    BalasHapus
  2. hhihihi bikin sy jd bernostalgia sm film2 tersebut :D

    BalasHapus
  3. Duuuh, ternyata kita satu angkatan yaaaah...
    Dulu suka juga sama Kotaro Minami dan belalang tempurnya ituuuuh :)

    Dan sebelum terpikat ama Lee Min ho, si Andy Lau itu adalah cinta pertama ku lhooo...hihihi...

    BalasHapus
  4. aiiihh..ituu Angkatan aku juga Maak..
    Ahhhh..Andi lau..paporitkuh..

    ember Asa Beuki Geulis Uy :D

    BalasHapus
  5. @Heru Prasetyo
    Hahaha, penasaran Tetsou Kurata sekarang apa kabarnya, ya? Kangen sama serialnya nih

    BalasHapus
  6. @Bibi Titi Teliti
    Daaan pas aku jalan-jalan buat nyulik futu2 masa lalunya doi, masih gorgeous dia sampe sekarang *plak*

    BalasHapus
  7. @Ane Blogger G4OL
    Sudah ada dua komentator sebagai Andi's Blogger Gals wanna be :D

    BalasHapus
  8. kita hidup di zaman yang sama ternyata :-)

    BalasHapus
  9. Hmmm... jd inget film2 masa2 ABG dulu..... tp yang pling bawah itu ultraman siapa yak namanya...???
    salam kenal mbak....

    BalasHapus
  10. satu film yg tidak kesebut ditulisan diatas yg saya suka banget, SAINT SEIYA...!!! DEBU-DEBU INTAN....!!!

    BalasHapus
  11. @Arief Daniawan
    Debu-debu intan itu andalannya karakter Hyoga, kan, ya? Favorit saya juga :)

    BalasHapus
  12. Eh jadi inget dulu punya aktor Hongkong favorit, Jimmy Lin, dulu imut banget ternyata sekarang sudah 39 tahun hi hi. Rambutnya ya model-model Kotaro Minami di foto ntuh hi hi

    BalasHapus
  13. Era 90an ada cerita bagus, Keluarga Cemara... :)

    BalasHapus
  14. Semoga apa yang telah dicanangkan oleh Warga Warung Blogger dalam program PKK ini, memberi dampak positif dan terwujudnya apa yang telah dicita-citakan, dan pastinya niat dan tindakan positif bakal mendapat balasan dari yang Maha Kuasa. Amin ya rabbal alamin...

    BalasHapus
  15. @Heni Puspita
    Iyaaa ya, masih cuco kok menjelang kepala 4 juga hehehe

    BalasHapus
  16. @Insinyur Pikun
    saya juga sukaaa
    selamat pagi emaaa
    selamat pagi abaaah

    BalasHapus
  17. Artikel yang bagus sekali, semoga cerita abg nya masuk di pejwan. Salam kenal aja ya?

    BalasHapus
  18. Jadi inget masa lalu, lucu

    BalasHapus
  19. Kapan ya ada kelanjutan Program PKK kembali... Setelah Cerita ABG, Prediksi Jitu, kira2 Apalagi yach ?? Ada saran nggak teh ?? :) Ntar kalo tebakan yang tepat bakal dapat Suprise dari Ane.. hehehe :D

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
    Si Blogger yang Doyan Nongkrong di Tempat Karaoke he :D

    BalasHapus
  20. @MF Abdullah
    asiiik mau dpt surprise. Apa, ya keywordnya nanti? Duuh bingung. Hmm,apa mungkin kalau kata kuncinya nanti Ayam kampus atau film panas?

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.