Top Social

Bring world into Words

Bakpia Makanan Khas Yogyakarta

Jumat, 18 Oktober 2013
Inget sama lirik lagu  ini, enggak?

bakpia, bakpia, bakpia patok
kue jogja kecil dan mencolok
sakit encok, sakit gondok, atau gigi bengkok
dijamin sembuh besok

(but no promise lah yaw)



Lagu Lumpia vs Bakpia yang dibintangi Project Pop ini waktu pertama kalil muncul  benar-benar sukses dan jadi lagu favorit. Seingat saya, jeda antara satu acara tv dengan acara tv lainnya, klip Lumpia vs Bakpia ini kerap wara wiri di tv.  Jadi penasaran ada apa dengan cinta bakpia ini, ya? Segitu populernya sampai diangkat jadi lagu. Padahalnya lagi, kita (atau saya?) terlanjur mengindentikan kuiner khas yogya dengan gudegnya itu.Ups, salah! Makanan khas Yogyakarta bukan cuma gudeg aja,kok,mbake. Selain Geblek, Geplak, Kipo  dan Tiwul asih ada bakpia juga. Ssstttt...., Tiwul itu hostnya empat mata tea? Itu mah Tukul Neng.  

Ngomongin soal Maspia eh Bakpia, Makanan khas Yogyakarta nan imut  ini pertama kali saya kenal waktu SMP. Waktu itu kakak saya yang baru  pulang dari  Yogya bawain oleh-oleh ini. Buat saya? GR! Jangan egois, ya buat se-isi rumah dong. Sejak saat itu, saya jatuh cinta pada gigitan pertama. Iya lah, kalau dipelototin mana kenyang, coba?

Slrruup


Sejak saat itu, hatiku tak mampu...
membayangkan rasa di antara kita ...

Yeeh, malah konser. Piye tho? Ya gitu deh, sejak saat itu, setiap ada saudara atau temen yang  jalan ke Jawa dan kebetulan transit di Yogyakarta,  oleh-oleh yang duluan ditanya, ya si imut manis ini? Siapa? Saya? Hohoho... bukan, ah! Gimana sih, kan lagi ngomongin Bakpia. 

As we know, seperti penganan khas daerah lainnya, tentu saja Bakpia juga punya banyak label berbeda. Bukan cuma clothing atau rekaman aja ternyata  yang labelnya macam-macam. Eh, terus, label alias merk apa,dong yang rasanya paling cihuy bin yahud?

Sudah tahu Bakpia Tiga Mutiara belum? Ini dia niiih *mode Nunung on* Bakpia yang lain sendiri. Kacang hijau sebagai bahan dasarnya dikupas dulu, sehingga penampakannya terlihat kuning. Buat yang baru tahu malah bisa terkecoh, mengira isi bakpianya pakai keju. Padahal enggak lho.  Suer deh. Kalau brand lain kadang ada yang dengan teganya mencampurkan ubi sebagai bahan isi, Bakpia Tiga Mutiara murni menggunakan kacang hijau saja, lain tidak. Dengan satu gigitan, beuuh...., rasanya langsung lumer, ngeblend di lidah, slruuup. Sudah begitu,  bakpia punya Tiga Mutiara ini enggak ada bahan pengawet yang nimbrung dalam komposisinya. So? tentu saja doi enggak akan tahan lama dicuekin. paling banter dia bakal tahan setelah seminggu. Takut nyisa? dengan rasanya yang legit, bakpia yang satu ini sepertinya enggak bakalan dibuang deh. Satu-dua hari saja bakal bermigrasi ke perut kita. Tapi jangan khawatir, kalau sekiranya belum habis, cukup simpan saja di lemari pendingin. Kalau nantinya dikeluarkan, diamkan sebentar sampai netral, rasanya malah tambah legit.  Kok bisa? Itu satu lagi kelebihan dari Bakpia Tiga Mutiara ini.

 Jadi, bukan cuma enak aja, Bakpia Tiga Mutiara ini ternyata higienis dan produk yang bertanggung jawab dan care sama pelanggan setianya. Ceileeee....

Gimana, ngebet? kepincut? Ngeces? Ya udah, jangan kayak orang stress. Ga usah nelpon travel dulu buat jalan ke Yogya. Hari gini, please deh, ah.  Gih, telpon aja, bisa pesan on line, juga. Harganya? Dengan harga Rp.35.000, saya, kamu dan mereka semua bisa mendapatkan satu kotak bakpia isi 20 pieces, cincai dong. Kalau sudah dianter, telpon saya, ya! Buat apa? Bagi-bagi dong *Gubrak!



    
7 komentar on "Bakpia Makanan Khas Yogyakarta"
  1. bakpia memang camilan paling top seIndonesia :)

    BalasHapus
  2. @jual ebook backlink
    Iya, beda. kulit pia lebih tebal, tapi enggak mudah hancur.

    BalasHapus
  3. Jadi pengen Makan Bakpia nih :v
    terjangkau jugaa

    BalasHapus
  4. @Batu Alam
    Minggu kemaren saya ke Jogja dan bandingin rasanya sama brand lain, 3 Mutiara tetep paling enak buat saya. Ayooo beli yg banyak, nanti bagi-bagi saya, ya :D

    BalasHapus
  5. di kendari gak ada yang begituan. kalo lumpia sih ada. :D jadi penasaran ama bakpia.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.