Top Social

Bring world into Words

Indonesia : Dreamland of Asia

Rabu, 28 Agustus 2013

Gambar diambil dari sini


Indonesia? Which part of Bali is it?
Pernah dengar bule ngomong gitu?
Ter...la...lu... kalau Bang Roma bilang.
Rasanya, kok gimana gitu, ya. Jangan-jangan itu bule enggak lulus pelajaran Geografi. Hehehehe.... 

Duh, mister, let me tell you deh. Ni, ya di   Indonesia itu ada Sumatera, ada Jawa, Kalimantan a.ka  sohor dengan sebutan Borneonya, lalu ada Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara dan Bali tentunya.  

 Dulu waktu bule-bule londo alias Kompeni Belanda menjajah Indonesia, mereka itu betah banget ngendon dari tahun 1600an. . Bayangin, apa enggak bulukan tuh? Bukan cuma karena  rempah-rempahnya, kekayaan alamnya (hiks) tapi juga kecantikan alamnya. ada Bandung yang disandingkan dengan Paris sampai disebut Parijs van Java, Karimunjawa dengan  The Paradise of Java-nya, sampai Raja Ampat yang cantik dengan keeksotikan lautnya dengan sebutan The Paradise of Papua
  
Saya  masih inget nih, waktu masih  di bangku SD dulu,  sekitar awal tahun 1990an ada pariwara tv  dengan tagline Visit Indonesia Year, kalau enggak salah di tahun 1991 gitu deh. Sekarang malah yang tampaknya yang gencar promoin wisatanya di tv-tv nasional malah Malaysia dengan taglinenya Truly Asia. Padahal, Indonesia itu enggak kalah cantik sama Malaysia. Tapi semakin sini kok sepertinya semakin sepi dengan promosi wisata, ya? Indonesia sebagai negara denga garis pantai terpanjang di dunia ini, bukan melulu soal Bali aja, kok. 
Masih ada Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, Taman Komodo yang juga punya taman laut yang mempesona. 

Gambar ngambil dari sini
Atau suasana sunrise yang eksotik seperti di Laguna Pari, Banten. Cantik, ya. Enggak kalah sama pantai Phuketnya Thailand. Ngomongin Indonesia yang cantik (ehm) bukan cuma soal laut juga.  

Masih ingat adegan Frodo saat mencuri cincin dari Gollum dan adegan kejar-kejaran yang seru dalam film The Hobbits? Nah, gambar berikut bukan setting film tersebut. Lalu, di mana, dong?
Gambar diambil dari sini


Gambar ngambil dari sini


Nah, gambar di atas adalah bagian dari gua Pawon, yang terletak di Citatah, Padalarang, kabupaten Bandung.  

Jangan lupakan pesona kulinernya. Masih inget pelajaran sejarah dulu? Belanda dengan VOC alias kompeninya juga doyan dengan sensasi rempah-rempahnya tanah air.  Ngomongin soal makanan, jangan lupakan rendang makanan khas dari ranah Minang ini nangkring di urutan ke-11 sebagai makanan terenak di dunia. 


Gambarnya nyulik dari sini
 Coba jelajah kuliner di negeri para Meneer, enggak bakalan repot nemuin gerai makanan khas Indonesia berikut toko-toko yang menyediakan aneka bumbu dapurnya. Kalau Malaysia bangga dengan tagline Truly Asianya, atau Thailand pede dengan  Amazing  Thailand lalu Indonesia punya apa, ya? Ah, ya dulu kita pernah punya tagline "Wonderful Indonesia" tahun 2011. Tanpa bermaksud 'nyela' yang sudah cape-cape mikirin ide ini, sepertinya kurang catchy. 

Saya bilang sih, Indonesia itu kaya.  Kita punya candi Borobudur,  Wayang, Angklung  yang diakui sebagai warisan dunia. Kita juga punya kekayaan tambang seperti Emas di Freeport atau Gas di Natuna dan Cepu dengan kualitas terbaik. Udah kayak di surga aja deh. Bisa dibilang Palu Gada, Apa yang Elu Mau, Gua Ada. Belum lagi keragaman bahasanya yang entah ada berapa kalau diinvetarisasi.  Kalau kasih nama "Paradise" entah, ya. Secara  kita sendiri belum pernah lihat seperti apa Surga itu. 

Saya ngusulin nih, gimana kalau kita mengusung tagline Dreamland of Asia.  
Kalau menurut kamu, gimana?






Post Comment
Poskan Komentar

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.