Top Social

Bring world into Words

Hot mix?

Sabtu, 15 November 2008
Mestinya bulan yang ujungnya ber-beran udah masuk musim penghujan. Tapi nyatanya (ini juga kata BMG:-P) curah hujan sekarang ini belum bisa dikategorikan sebagai musim penghujan. Belum masuk musimnya aja kita udah dibuat kerepotan sama banjir yang datang setelah atau malah barengan hujan.
Glek?! Jangan salahkan alam, salah manusia juga, ya kita!
Menjelang bulan ramadhan kemaren suhu di Bandung dan kota-kota laennya di Indonesia naudzubillah panasnya ampun deh. Kalo ga salah sekitar 33-35 derajat celcius! Katanya juga saat itu karena posisi bumi - di belahan Indonesia kita yang tercinta - lagi deket-deketnya dengan matahari. Ada yang inget ga pelajaran fisika/geografi apa tuh istilahnya? Au ah, gelap hehe..
Well, even lagi deket-deketnya gitu setidaknya ekses begitu bisa direduksi. Ada banyak faktor yang bikin bumi kita makin hot kayak sambal balado, amboi...
For example ruang hijau terbuka yang makin sempit, polusi udara, efek rumah kaca, freon, resapan air hujan yang makin berkurang...
Ah, ini dia salah satunya! Coba perhatiin jalanan di perumahan atau komplek-komplek di kota besar. Masih ada ga yang jalanannya masih konvensional alias tanah nan sederhana? Kayaknya cuma di pinggiran kota aja ya kita bisa nemu. Nyaris ga ada kayaknya kalo kita perhatikan . Memang becek sih setelah hujan turun. Kesan kotor, jijik, bau dan sebagainya langsung menyerbu menusuk hidung kalo kita jalan di perumahan dengan jalanan seperti ini. Tapi sebenernya kalo pengelolaan sampahnya udah profesional ga bakal kok.
Lalu, di hot mix? Beton? Wah, cuma diversifikasi masalah yang bikin Bandung tambah panas aja. Coba bayangin, gara-gara dihotmix pohon-pohon rindang depan rumah kita harus ditebang habis sampai ke akar tanpa sisa. Air hujan yang terbuang begitu aja. Belum lagi kalau jalanannya rusak. Itung deh berapa yang harus keluar buat membeli aspal, kerikil, pasar dan sebagainya... Cape deh.
Trus? Ga mesti pake hotmix! Ada alternatif laen yang bisa kita tempuh dengan cost lebih murah dan ramah lingkungan, paving block!
Selaen ga ribet, ga kotor/becek juga air hujan bisa masuk meresap ke dalam tanah. Selain itu pohon-pohon rindang yang berjajar manis di kanan kiri perumahan kita juga ga bakal jadi tumbal cuma karena kita pengen jalan yang mulus.
Hmm kangen ga sih Bandung yang sejuk, Bandung yang dingin berkabut di pagi hari, aroma tanah selepas hujan dan kenyamanan lainnya?
So, let's save the earth. Mencintai lingkungan juga salah satu bentuk ibadah kita pada sang khalik, Allah SWT. Ya ga?
1 komentar on "Hot mix?"

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.